Sunday, August 12, 2012

SANYO DINAMIC PROTEK ANEH


SANYO DINAMIC PROTEK
Sanyo ini menggunakan singgle ic yaitu LC 76931A ,selesai pelepasan casing maka opersi saya lakukan ,mulai cek sana sini kaya orang pinter,mulai dari B+,vcc ic vertikal,dan lain-lainya,dalam keadaan tv mati tidak ada yang konslet Cuma kebiasaan saja sebelum tv dihidupkan.setelah yakin tidak ada yang konslet,maka tv coba saya hidupkan sambil menancapkan probe merh pada B+ terukur130 v,sebelum mesin protek,sejenak saya berpikir dimana letak protek pada jenis ic ini,setelah kesana –kemari cari di mbah google akhirnya kutemukan yaitu pada jemper ;j224.pelepasan jemperpun kulakukan dan tvpun hidup nah....ternyata bener-bener protek kuangkat satu persatu,titik protek pada jalur tersebut dan terakhir sampailah pada TR d26xx,rupanya tr ini penyuplai vcc9 v pergantian pemain kulakukan walhasil sama saja waduhhhh.....saya pikir tr sudah drop ternyata ga masalah.sejenak mikir lagi apakah R- ernya yang yang sudah turun nilainya langsung ganti aja ,ternyata ga ngaruh......coba cek tanpa beban jarum tesyer normal wawww... apa mungkin icnya rusak pikir saya,sebelum pergantian ic iseng –iseng kulepas dziner protek yang berhubungan dengan proteknya ternyata membawa hasil tv hidup normal ,wah rupanya dziner tsb yang menjadi kendala harus diganti baru.kulakukan pengetesan pada dziner tapi ga masalah,kembali garuk –garuk kepala begitu kata {mas iasy}.kucoba terapkan kemabali dziner tersebut saya lupa berapa nilainya ,dan kucoba tv saya hidupkan mak byak ...hidup normal kok aneh.....semetara tadi sebelum pengankatan dziner tersebut tv jelas-jelas protek,ah masa bodoh yang penting tv sudak normal kembali seperti sediakala....setelah pengetesan berhari –hari tv ga protek lagi .Begitulah pengalaman saya menangani tv protek yang aneh dan tanpa pergantian satu spare- partpun.Barangkali para pembaca ada yang ngalamin hal serupa silahkan sharing...........***http://nanoservs.blogspot.com***

3 comments: