Sunday, March 3, 2013

SAMSUNG KS1A14R GELAP

Kali ini saya iseng membuka Tv yang sudah lama teronggok dirak service,Samsung type KS1A14R degan IC tunggalTDA9381ps spm802EAN.Tv dengan keluhan ada suara gambar gelap hanya ada displaynya saja,Penelusuran pertama saya focuskan pada tegangan –teganganya dulu barangkali ada yang short,mulai dari b+130v,180v,16v tapi tampaknya aman-aman saja.Jadi ketika start tv hidup seperti biasa tegangan pada crtpun normal,heater juga nyala....mustinya gambar sudah tampil,gumam saya........bulak –balik scren adjust saya mainkan tidak ada perubahan kecuali blank.Penelusuran saya lanjutkan sambil nyalain rokok(kebiasaan buruk jangan ditiru...katanya)saya cek kembali pada pin IC tunggal ketika sampai pada kaki ABL tertegun sejenak ,knapa tegangan low sekali hingga dibawah 1v.rupanya inilah penyebab tidak tampilnya gambar dilayar ,putusnya tegangan disebabkan R 390k sudah berubah nilai (mungkin faktor usia) R ini merupakan salah satu penghambat tegangan ABL dari plyback yang disampling dengan tr kecil. Demikian pengalaman saya iseng-iseng mebawa berkah,mudah-mudahan bermanfaat buat anda.***Nanoservs.blogspot.com***

No comments:

Post a Comment