Sunday, April 8, 2012

TV LG SLIM GAMBAR HIJAU GARIS BUKU

Kali ini saya dapat servisan tv lg slim tapi saya lupa jenisnya,tapi sebenarnya bukan hanya tv lg saja yang mengalami kerusakan seperti ini seperti tv sharp,polytron,dll.Tentunya akan mengecewakan ketika sedang asyik menonton satu acara kesayangan tiba-tiba pesawat tv bleng berubah jadi hijau,merah atau biru disertai bergaris buku.sebenarnya hal seperti ini bisa dicegah dengan cara:pada setingan contras usahakan jangan terlalu tinggi kecerahannya,seringkali kerusakan seperti iniketika saya cek pada kontrasnya contrasnya diseting ful,seperti pada kasus tv lg kali ini.Cara memperbaakinya setelah dibuka casing seperti biasa saya cek dulu kondisi komponen barangkali ada yang mencurigakan [kaya tukang ronda ya]tapi kali ini kondisi componen masih tampak segar-segar (kaya sayuran)maklum ini tv kata siempunya baru tiga bulan,tapi sudah rusak ya,aneh...jangan aneh begitulah electronic.Menurut teori saya kerusakan seperti ini disebabkan rusaknya rangkaian RGB,untuk pengecekan tv saya hidupkan saya cek pada bagian RGB,dan ternyata benar pada bagian pin G,tidak ada suplay yang musti sama seperti pada pin R dan B.-+90v-180v.hilangnya suplay pada pin G kali ini disebabkan short tr stc 345 ,gantilah tr tersebut bisa jg pakai c2482.setelah selesai pemasangan tv saya jajal makjreng ...gambar normal kembali Alhamdulillah,bayaran lagi ....Hati-hati dalam pemasangan tr atau componen pada rangkaian rgb,salah-salah bisa berakibat konslet filament.***nanoservs.blogspot.com***

19 comments:

  1. kasusnya sama kaya tv saya.. tegangan pada pin G nya ga ada, tp sudah saya ganti TR nya tp ga da perubahan,, kira2 apanya ya..? mohon pencerahan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin short crtnya,coba lepas solderan pada pin Gnya,ada tegangan ga bandingkan dengan pin R dan B,klo ga ada berati short/konslet groud.

      Delete
    2. Pak mau tanya ini saya benerin tv Samsung tabung ada suara gambar hijau bergaris tadi nya tidak ada tegangan geser heater setelah saya ganti play back nyala tapi hijau bergaris solusi pak sudah buntu

      Delete
    3. Pertama tv gelap ada suara gak ada gambar gelap ternyata tegangan heater nya tidak ada masalah nya di playback rusak setelah saya ganti ada perubahan nyala tapi warna hijau garis buku ini udah buntu solusi nya pak buat tv tabung Samsung 14 inchi nya

      Delete
    4. Pertama tv gelap ada suara gak ada gambar gelap ternyata tegangan heater nya tidak ada masalah nya di playback rusak setelah saya ganti ada perubahan nyala tapi warna hijau garis buku ini udah buntu solusi nya pak buat tv tabung Samsung 14 inchi nya

      Delete
  2. Replies
    1. iya pearl black yg turbo sound :D ..kira2 apanya ya?

      Delete
    2. Kang Cecenet,trimakasih tlah berkunjung di blog saya,,untuk kasus tv anda coba lepas dulu solderan pada socet G-nya,kemudian test....ada perubahan warna ga?jika ada maka gantilah TR nya bila perlu ke 3nya.

      Delete
  3. Pak tv saya mereknya polytron big beauty kerusakannya ada 2.
    1,knp klo dinyalakan ada bunyo nging nging?
    2,gambarnya hijau tp ada suaranya ??
    Itu apa nya ya ..!!

    ReplyDelete
  4. terima kasih mz infonya sangat membantu saya akan coba cara di atas

    ReplyDelete
  5. tv samasung flat gambar abu" bergaris buku apanya apa elcon ya?

    ReplyDelete
  6. Pak klo tv panasonic 21" quintrix di hidupin idup trs mati lg di iringi indikator kedip"hijau merah. Solusinya pak makasi

    ReplyDelete
  7. pak sy ad tv sharp alexander 21" tampilan gambarnya dominan biru..kt temen sy bilang ic nya..sy ga tau pak maksud temen sy ic yg mana?apa selain ic ad kerusakan yg lain pak..ok..tq..mohon solusinya pak

    ReplyDelete
  8. Mau tanya. Tv sharp pi cv olo slim gambar bleg biru garis buku pin RGB q cek ada semua&seimbag. Abl d kaki fbt 5v. Apa ini kerusakan tabug. Trimakasih sebelum y

    ReplyDelete
  9. Mohon maaf klo komentar tidak sempat saya balas karena kesibukan saya...

    ReplyDelete
  10. Mau tanya sy punya tv LG BERGARIS BUKU bagian atas...kerusakan sdh d deteksi capasitor 100uf/35v klw sy ganti 100uf/50v bisa g.ada pengaruh g sm komponen lain terimakasi mohon jawaban'a

    ReplyDelete
  11. Mau nanya gan tv LG slim warnanya berubah biru, kra2 apanya gan mohon bantuannya,,

    ReplyDelete
  12. Mantap min, makasih sudah share ini ..
    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/2ymw63-jual-solder-uap-blower-cody-909d-4in1-digital



    CODY***GARANSI SELAMANYA***
    + HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
    + JASA SERVIS PASTI LEBIH CEPAT +

    ReplyDelete