Thursday, April 19, 2012

TV SHARP RUSAK VERTIKAL
Pernahkah tv anda mengalami kerusakan seperti gambar disamping?ya mungkin gambar tampak lucu,karena gambar hanya tampak separuh bagian bawah sedangkan bagian atas tampak gelap.Bagi rekan -rekan yang belum pernah menemui kerusakan sepereti ini jangan dulu memvonis rusak ic vertikal,eit... tuggu dulu,ceritanya kemerin sore ketika saya kenduri dirumah tetangga saya dihampiri seorang teman dan mengatakan bahwa tvnya rusak gambarnya hanya sepotong/separuh.singkat cerita setelah saya bongkar casingnya seperti biasa cek componen dulu sambil dibersihkan/dikuas sepintas kondisi komponen oke-oke saja,lantas saya lakukan cek voltase pada keseluhan yang trutama pada bagian vertikal,nah disini pada input ic vertikal ada yang ganjil mustinya keluar -+2vol pada pin22 ic singgle tda 9381.nah disilah hilangnya separoh gambar rupanya R dengan nilai 100 lah yang sudah tewas. Setelah proses pergantian komponen.maka tv saya coba hidupkan kembali dan makjreng......layar terbuka normal kembali seperti tampak pada gambar.....bayaran lagi Alhamdulillah bisa buat kondangan he.he.he... Semoga bermanfaat buat anda smua,bagi yang punya solusi lain silahkan nambahin.***nanoservs.blogspot.com

2 comments: